Sabtu, 29 Desember 2018

Manajemen Pemasaran Global 2

Segmentasi global, target dan posisi produk pasar global:
 
1. Jelaskan mengenai segmentasi pasar global:
Segmentasi pasar adalah proses memiliki suatu pasar ke dalam berbagai kelompok pelanggan yang berperilaku sama atau memiliki kebutuhan serupa. Pemasaran segmen, segmen pasar terdiri dari kelompok pelanggan yang memiliki seperangkat keinginan yang sama. Pemasar tidak menciptakan segmen, tugas pemasar adalah mengidentifikasi segmen dan memutuskan yang mana akan menjadi target. Beberapa priset berusaha untuk membentuk segmen dengan mengamati ciri-ciri konsumen secara geografis, demografis, psikologis, perilaku, manfaat dan segmentasi vertikal versus horizontal.
 
2. Jelaskan bagaimana menetapkan sasaran global:
Merupakan tindakan mengevaluasi dan membandingkan kelompok yang diidentifikasi dan kemudian memilih satu atau beberapa diantaranya sebagai calon dengan potensi yang paling besar. Untuk menentukan target dengan peluang pasar target global, sama seperti kalau menetapkan satu negara sebagai sasaran yaitu: besar segmen pasar saat ini dan potensi pertumbuhan yang diantisipasi, persaingan, kecocokan dari target denan tujuan perusahaan secara keseluruhan dan kelayakan untuk mencapai sukses.
 
3. Jelaskan bagaimana menentukan posisi produk dipasar global:
Ada beberapa untuk menentukan posisi produk dipasar global yaitu:
1) Geografis, dengan membagi pasar menjadi unit-unti geografi yang berbeda, seperti wilayah (Asia Pasifik, Afrika, Eropa) ukuran kota (penduduk kota kecil, kota menengah, kota besar) dan iklim. Dimana pasar pada segmen yang sama relatif dekat satu sama lainnya dan mudah didatangi pada kunjungan yang sama atau dihubungi dalam zona waktu yang sama.
2) Demografis, segmen yang terdiri dari pembagian pasar menjadi kelompok-kelompok dengan dasar variable-variabel demografi seperti usia, jenis kelamin, ukuran keluarga, siklus hidup keluarga, penghasilan, pekerjaan, pendidikan, agama ras dan kewarganegaraan.
3) Psikografi, pembeli dibagi menjadi kelompok yang berbeda berdasarkan kelas sosial, gaya hidup dan kepribadian.

4. Jelaskan mengenai pemasaran di negara berkembang:
Negara berkembang seperti Brasil, Meksiko, India dan China berkontribusi lebih dari 30% dari GDP dunia dan 70% dari penduduk dunia. Namun, mereka telah menyumbang lebih dari setenah pertumbuhan GDP global sejak tahun 2001. Perusahaan MNC (Multinasional) berebut menjual produknya di dunia negara berkembang. Seiring dengan penjualan, muncullah penelitian pelanggan-pelanggan mereka yang dimulai di dunia Barat. Sementara perusahaan multinasional mengerti bahwa gelombang pertumbuhan berikutnya terletak pada dunia negara berkembang, mereka sering memaksa untuk mencocokkan wawasan dan strategi dari OECD1 ke negara-negara berkembang, yang menyebabkan hasil buruk.
 Contohnya adalah mengenai bagaimana asumsi negara maju menerapkan langkah yang kurang tepat pada situasi pasar yang sedang berkembang diantaranya, dengan asumsi bahwa metodologi penelitian yang sama harus diterapkan, terlepas dari jatuh tempo pasar, survei terlepon dan internet sering digunakan sebagai metodologi penelitian pilihan di dunia bisnis. Hal ini disebabkan biaya rendah dan budaya kerja sama yang besar dengan proyek-proyek penelitian.
Teknik pengambilan keputusan terkait dengan rantai pasok (supply chain) dan rantai nilai (value chain)
 
5. Jelaskan mengenai tantangan menentukan pemasok:
Tantangan dalam menentukan pemasok adalah untuk mewujudkan nilai yang akan memenuhi kebutuhan pelanggan.
 
6. Jelaskan mengenai sistem nilai, rantai nilai dan peran stategik pemasaran global:
Rantai nilai mengungkapkan tiga macam peranan untuk pemasaran dalam strategi persaingan global yaitu:
1) Peranan yang berkaitan dengan konfigurasi pemasaran. Walaupun banyak kegiatan pemasaran yang harus dilakukan dalam setiap negara, value dapat didapatkan dengan memusatkan beberapa kegiatan pemasaran pada suatu lokasi saja. Contohnya service.
2) Peranan kedua dari pemasaran adalah koordinasi kegiatan pemasaran di seluruh negara untuk meningkatkan pengetahuan perusahaan. Integrasi ini dapat memiliki berbagai bentuk, termasuk transfer pengalaman relevan melintas batas-batas negara dalam bidang-bidang seperti manajemen pelangganan global dan penggunaan pendekatan.
3) Peranan ketiga dari pemasaran adalah memanfaatkan peluang untuk keunggulan di bagian hulu dalam rantai nilai. Salah satu contoh kasusnya ialah pengembangan kamera canon model AE-1.

7. Jelaskan mengenai kriteria keputusan, dan altenatif strategi pemasok:
Pemilihan strategi memasuki pasar gloabl dan berekspansi, dan juga mengidentifikasikan masalah dan ketidakjelasan, mengumpulkan informasi, membuat prediksi kemungkinan yang terjadi, mengambil keputusan dari alternatif-alternatif yang ada, dan mengevaluasi hasil terhadap prediksi yang telah dibuat.
 
8. Jelaskan mengenai pasar global:
Pasar global adalah pasar berskala dunia yang terbuka bagi seluruh pelaku usaha. Pasar global mengalami perkembangan yang pesat belakangan ini karena beberapa faktor, antara lain adanya beberapa negara industri yang mampu menghasilkan produk berkualitas dengan harga murah, misalnya china dan taiwan.
 
9. Jelaskan mengenai ekspor:
Ekspor adalah penjualan barang ke luar negeri dengan menggunakan sistem pembayaran, kualitas, kuantitas dan syarat penjualan lainnya yang telah disetujui oleh pihak eksportir dan importir. Proses ekspor pada umumnya adalah tindakan untuk mengeluarkan barang arau komoditas dari dalam negeri untuk memasukannya ke negara lain. Ekspor barang secra besar umumnya membutuhkan campur tangan dari bea cukai di negara pengirim maupun penerima. Ekspor adalah bagian penting dari perdagangan internasional. Penjualan barang oleh eksportir keluar negeri dikenai berbagai ketentuan dan pembatasan serta syarat-syarat khusus pada jenis komoditas tertentu termasuk cara penangan dan pengamanannya.
 
10. Jelaskan mengenai lisensi:
Lisensi adalah sebagai bentuk pemberian izin untuk memanfaatkan hak atas kekayaan intelektual dimana bisa diberikan pemeli lisensi kepada penerima lisensi dengan maksud agar penerima lisensi bisa melakukan kegiatan usaha atau memproduksi produk tertentu dengan menggunakan hak atas kekayaan intelektual yang dilisensikan. Dalam lisensi ditemukan istilah perjanjian lisensi, perjanjian lisensi adalah perjanjian antara dua pihak ataupun lebih dimana satu pihak bertindak memberikan lisensi sebagai pemilik atau pemegang lisensi kepada pihak yang bertindak sebagai penerima lisensi, sehingga pihak penerima lisensi bisa dengan legal memproduksi dan memasarkan produk/jasanya.
 
11. Jelaskan mengenai usaha jenis patungan:
Usaha Patungan: usaha patungan merupakan bentuk kemitraan yang berasal dari ekspedisi perdagangan maritim Yunani dan Romawi dengan tujuan untuk menggabungkan peserta menajemen dan kontribusi modal usaha terbatas pada penyelesaian proyek perdagangan tertentu. Bentuk perusahaan patungan antara lain kemitraan dan perusahaan dalam dan luar negeri dan sementara serta relatiff permanen. Usaha patungan mengumpulkan modal untuk menawar dalam multi-miliar dollar untuk lisensi layanan komunikasi pribadi dan untuk membangun jaringan telepon nirkabel nasional. Salah satu keuntungan dari usaha patungan adalah menghindari akuisisi mahal. Usaha patungan dengan perusahaan AS yang umum yang tua dan terkenal adalah Dow Corning.
 
12. Jelaskan mengenai strategi perluasan pasar:
Tambahkan produk serta layanana baru
Menjual produk dan layanan pada pelanggan yang sudah ada dengan peningkatan jumlah
Lebarkan pasar ke daerah baru
Targetkan pasar serta pelanggan baru
Masuk pada sistem penjualan baru
mengambilalih bisnis lain
Strategi perluasan pasar dimana sebuah organisasi target produk yang sudah ada ke pasar baru, pengembangan pasar dengan menargetkan pasar geografis baru, segmen demografis atau psikografis baru atau pengguna benar-benar baru.
 
13. Jelaskan mengenai penentuan posisi pasar:
Penentuan posisi pasar atau positioning adalah segala upaya untuk mendesain produk serta merek agar dapat menempati sebuah posisi yang unik dibenak konsumen. Hasil dari posisi pasar (positioning) adalah terciptanya proposisi nilai yang pas dimata konsumen dan menjadi salah satu alasan konsumen untuk membeli produk yang bersangkutan.
Strategi persaingan global serta daya saing
 
14. Jelaskan mengenai analisis industri:
Analisis industri adalah kelompok perusahaan yang memproduksi barang atau jasa yang serupa, pemeriksaan tentang pentingnya kelompok pemegang saham dalam lingkungan kerja perusahaan disebut analisis industri.

15. Jelaskan mengenai keunggulan kompetitif:
Keunggulan kompetitif atau keunggulan bersaing adalah kemampuan yang diperoleh melalui karakterisik dan sumber daya suatu perusahaan untuk memiliki kinerja yang lebih tinggi dibandingkan perusahaan lain pada industri atau pasar yang sama.
 
16. Jelaskan mengenai persaingan global dan keunggulan kompetitif nasional:
Menurut asal katanya, persaingan dunia adalah "globalisasi" diambil dari kata global, yang maknanya ialah universal. Menurut istilah Globalisasi adalah suatu proses menjadikan sesuatu (benda atau perilaku) sebagai ciri dari setiap individu di dunia ini tanpa dibatasi oleh wilayah Globalisasi belum memiliki definisi yang mapan, kecuali sekedar definisi kerja (working definition), sehingga bergantung dari sisi mana orang melihatnya. Ada yang memandangnya sebagai suatu proses sosial, atau proses sejarah, atau proses alamiah yang akan membawa seluruh bangsa dan negara di dunia makin terikat satu sama lain, mewujudkan satu tatanan kehidupan baru atau kesatuan ko-eksistensi dengan menyingkirkan batas-batas geografis, ekonomi dan budaya masyarakat.

Di sisi lain, ada yang melihat globalisasi sebagai sebuah proyek yang diusung oleh negara-negara adikuasa, sehingga bisa saja orang memiliki pandangan negatif atau curiga terhadapnya. Dari sudut pandang ini, globalisasi tidak lain adalah kapitalisme dalam bentuk yang paling mutakhir.Negara-negara yang kuat dan kaya praktis akan mengendalikan ekonomi dunia dan negara-negara kecil makin tidak berdaya karena tidak mampu bersaing. Sebab, globalisasi cenderung berpengaruh besar terhadap perekonomian dunia, bahkan berpengaruh terhadap bidang-bidang lain seperti budaya dan agama.


Daftar pustaka:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar